·
Tentang Grab
Transportasi kini sudah
menjadi kebutuhan mendasar bagi kaum urban. Saat ingin menembus kemacetan Ibu
Kota. Pesatnya perkembangan teknologi, dapat membantu masyarakat ketika tetap
membutuhkan transportasi nyaman, tetapi sedang malas memacu kendaraan pribadi,
mobil-mobil nyaman bisa dipanggil hanya dengan sentuhan pada layar ponsel
pintar. Kehadiran teknologi yang pesat terhadap transportasi memang telah menjadi fenomena. Grab atau yang
sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi adalah sebuah perusahaan yang berasal Singapura yang melayani aplikasi
penyedia transportasi dan tersedia di enam negara di Asia Tenggara, yakni
Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Filipina. Grab memiliki
visi untuk merevolusi industri pertaksian di Asia Tenggara, sehingga dapat
memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna kendaraan seantero Asia
Tenggara. Grab merupakan platform pemesanan kendaraan terkemuka di Asia
Tenggara. Kami menjawab sejumlah tantangan transportasi yang krusial dan
mewujudkan kebebasan transportasi bagi 620 juta orang di Asia Tenggara. Grab
bermula dari aplikasi pemesanan taksi pada 2012, yang kemudian mengembangkan
platform produknya termasuk layanan pemesanan mobil sewaan dan ojek. Layanan
Grab ditujukan untuk memberikan alternatif berkendara bagi para pengemudi dan
penumpang yang menekankan pada kecepatan, keselamatan dan kepastian. Sebagai
bagian dari budaya inovatifnya, Grab saat ini tengah melakukan ujicoba beberapa
layanan baru seperti carpooling serta layanan pesan-antar makanan
·
Sejarah Grab
Di Indonesia, Grab melayani pemesanan kendaraan
seperti ojek,
mobil,
dan taksi.
Saat ini Grab tersedia di seluruh Jakarta
dan sekitarnya. Menggawangi Grab ke Indonesia bukan perkara mudah bagi tim Grab
Indonesia. Aplikasi transportasi yang berasal Malaysia dan berbasis di
Singapura tersebut memang bukan yang pertama. Ada beberapa jenis aplikasi
serupa yang menawarkan jasa angkut penumpang, dengan menggunakan motor dan
mobil. Hadir sejak pertengahan 2014 lalu, Grab telah mengukir sejarah
tersendiri di dunia transportasi berbasis teknologi. Lahir dengan nama
Grabtaxi, layanan tersebut cukup mendapat apresiasi sehingga mantap
mengembangkan bisnisnya.
·
Perkembangan Grab
Kurang dari setahun, berbagai
layanan yang mengandalkan aplikasi terbentuk dalam diversifikasi beragam fitur.
Mulai dari layanan angkut penumpang, pengiriman barang, hingga beli dan antar
makanan berhasil dikembangkan.Bahkan, demi menjaga eksistensinya, Grab mantap
melakukan rebranding dan pergantian logo dengan alasan sederhana, yakni
mewakili segala fitur layanan. Layanan yang awalnya dikenal dengan Grabtaxi
berubah hanya menggunaan kata 'Grab'. Perubahan nama tersebut juga mewakili
ragam layanan yang diberikan bagi
pengguna. Dengan mengadopsi konsep economic sharing Grab berkembang di
Indonesia berkat bantuan para mitra. Pada prinsipnya, Grab akan terus
berkembang beriringan dengan para mitra pengemudi. Hingga bulan Maret 2015,
jumlah pengguna Grab mencapai 3,8 juta pengguna. Grab tersedia untuk sistem
operasi Android, iOS, dan BlackBerry.
Bisnis tanpa kekompakan dan
kerja sama tim akan menjadi hal yang siasia. Di Indonesia, Grab tumbuh subur
sebagai transportasi andalan di lima kota besar, yakni Jakarta, Denpasar,
Surabaya, Bandung, dan Padang. Tentu keberhasilan tersebut akan segera
ditularkan ke kota besar lainnya. Keberadaan Grab juga sudah mulai tersebar di
negara Asia Tenggara. Hingga kini, Grab sudah memiliki lebih dari 300 ribu
mitra pengemudi dan 15 juta pengunduh di Asia Tenggara.
Perkembangan Grab di Indonesia
memang bertahap. Mulai dari muncul dengan nama Grabtaxi, kemudian berganti nama
hingga logo. Semua kami jalani secara bertahap. Dulu masyarakat mengenal kami
dengan Grabtaxi, tetapi sekarang kami hadir lebih lengkap dengan beragam
layanan. Alasan kami membuat beragam servis karena masyarakat merespons transportasi
daring sebagai kebutuhan. Itu sebabnya, perkembangannya begitu pesat. Grabcar
dan GrabBike di Indonesia tumbuh lebih dari 250 kali sejak pertengahan 2015 Kini,
layanan penyewaan mobil pribadi dan ojek online menjadi bagian besar dari
bisnis Grab secara keseluruhan, yang juga meliputi pemesanan taksi dan layanan
kurir.
Teknologi machince learning dan kemampuan
analitik data Grab yang mumpuni telah menjadi faktor pendorong pertumbuhan yang
signifikan dan memungkinkan efisiensi secara besar-besaran dari waktu ke waktu.
Sebagai contoh, pada 2016, layanan GrabBike di Indonesia telah tumbuh 300
persen (year to date), seraya melakukan pengurangan subsidi untuk tiap
perjalanan yang diselesaikan sebesar 50 persen, dimana hal ini menunjukkan
tingginya keterlibatan dan keterlekatan pengguna pada platform multi-layanan
Grab. Lebih dari 1 dari 4 pengguna aktif bulanan Grab di Indonesia menggunakan
lebih dari satu layanan Grab
Indonesia telah menjadi pasar terbesar Grab
berdasarkan jumlah perjalanan yang diselesaikan seluruh platform. Grab secara
khusus memfokuskan bisnisnya di Jakarta, yang didiami oleh lebih dari 30 juta
penduduk dimana Grab memberikan layanan ojek, penyewaan mobil pribadi dan
pemesanan taksi online. Grab juga berencana untuk melakukan ekspansi platform
multi-layanannya ke lebih dari delapan megacity di luar kota Jakarta, dengan total
populasi sebesar 38 juta. Indonesia merupakan negara keempat terbesar dari segi
populasi, dengan total penduduk lebih dar 250 juta. Grab menawarkan pilihan
layanan pemesanan kendaraan terbanyak di sebagian besar pasar di Asia Tenggara,
yang telah diunduh di lebih dari 17 juta perangkat dan 320,000 pengemudi di 30
kota di seluruh Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand dan Vietnam.
·
Cara Menggunakan Aplikasi Grab
1.
Pesan GrabTaxi dengan mudah!
Lokasi
kita akan terdeteksi secara otomatis, lalu masukkan tujuan dan dapatkan
perkiraan biaya perjalanan.
2.
Mendapatkan pengemudi terdekat
Setelah
mengkonfirmasi pesanan, pengemudi yang terdekat akan terinfo dan dapat lihat
konfirmasi mereka secara langsung.
3. Pengemudi
yang terpilih
Kita akan dapatkan konfirmasi akan pengemudi yang
akan menjemput dalam satu menit.
4. Lacak
pengemudi
Kenali pengemudi, lacak ketika dia menuju lokasi,
dan bagi info kepada yang terkasih untuk ikut melacak perjalanan.
·
Grab Mendorong
Dampak Positif untuk Para Penumpang dan Mitra Pengemudinya
Grab, platform layanan
pemesanan kendaraan terkemuka di Asia Tenggara, telah mendorong dampak
sosial positif kepada para mitra pengemudi dan penumpangnya di Jakarta,
menurut studi Social Impact Study yang dilakukan oleh tim dari Program MBA
University of Cambridge Judge Business School. Studi ini
mengungkapkan bahwa Grab telah meningkatkan kehidupan para mitra pengemudi
dan penumpangnya di Jakarta, yang sejalan dengan misi sosialnya. Di
Jakarta menganggap aplikasi pemesanan kendaraan, seperti Grab, dapat
meningkatkan kehidupan mereka secara signifikan. Masyarakat Jakarta
seringkali merasa khawatir dengan masalah-masalah seperti tarif
yang ditetapkan sepihak atau lamanya waktu menunggu, dan kami sangat
senang dapat memecahkan masalah tersebut untuk para penumpang kami. Grab
pertama kali beroperasi pada bulan Juni tahun 2012 sebagai aplikasi
pemesanan taksi dan sejak itu telah memberikan beragam pilihan
transportasi seperti mobil dan ojek. Studi tersebut menggarisbawahi
kepercayaan mitra pengemudi dan penumpang Grab untuk keandalan aplikasi
Grab dan nilai tambah yang kami berikan dalam hal kualitas tumpangan
dan pendapatan yang lebih baik untuk mitra pengemudi.
Poin utama dari Social Impact Study:
·
Pelanggan Grab memberikan penilaian tinggi
pada beberapa faktor, termasuk peningkatan akses, keamanan, kenyamanan dan
keselamatan
o Baik
penumpang GrabCar dan GrabBike merespon bahwa peningkatan paling utama
dibanding layanan transportasi yang ada adalah Grab telah memberikan
estimasi waktu dan tariff yang lebih baik, memungkinkan penumpang untuk
menghindari pembayaran tarif yang terlalu mahal, memberikan layanan
pelanggan yang lebih cepat dan baik serta aman untuk digunakan oleh seluruh
anggota keluarga mereka.
o Penumpang
aplikasi layanan pemesanan mobil pribadi menilai estimasi waktu dan biaya
yang lebih baik sebagai manfaat terbesar yang diberikan oleh aplikasi
layanan transportasi online. Tidak adanya tarif yang ditetapkan sepihak
dan waktu menunggu yang lebih singkat merupakan manfaat yang dinilai
paling tinggi di posisi kedua dan ketiga.
o Berdasarkan
survei, estimasi waktu dan biaya yang lebih baik dan tidak adanya tarif
yang ditetapkan secara sepihak merupakan faktor yang sama pentingnya oleh
pengguna aplikasi pemesanan ojek.
o Studi
ini juga menunjukkan bahwa GrabBike secara konsisten menandingi aplikasi
ojek lainnya dari berbagai segi termasuk tarif yang
terjangkau, peningkatan keamanan, kepercayaan untuk menggunakan layanan
dibanding transportasi pribadi, dan kemampuan untuk mempersingkat waktu
tunggu karena adanya pelacakan GPS dan kenyamanan teknologi Grab yang
lebih baik.
·
Mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike
mendapatkan lebih banyak pelanggan dan pendapatan yang lebih tinggi
o Para
mitra pengemudi dari aplikasi pemesanan kendaraan pribadi
menilai kemudahan penggunaan platform Grab dan waktu kerja yang
fleksibel sebagai manfaat tebesar dari penggunaan platform pemesanan
kendaraan.
o Mitra
pengemudi GrabCar menekankan bahwa pendapatan yang lebih tinggi sebagai
manfaat utama lainnya dari platform Grab. Mereka menilai bahwa semua
manfaat ini memungkinkan mereka untuk mencapai tujuan hidup mereka seperti
menabung untuk membeli rumah atau membayar uang sekolah anak-anak mereka.
o Berbeda
dengan mitra pengemudi pemesanan kendaraan pribadi, para pengendara
menilai bahwa mendapatkan lebih banyak penumpang merupakan manfaat yang
paling penting, dan mengindikasikan bahwa Grab memiliki sistem yang lebih
adil untuk mendapatkan penumpang.
o GrabBike
juga menandingi aplikasi ojek lain dalam hal pendapatan, kebanggaan,
jumlah penumpang yang didapatkan, sistem yang lebih adil, dan pengalaman
pengguna dan layanan pelanggan yang lebih baik.
o Studi
ini juga mengungkapkan bahwa pengendara GrabBike merasa bangga menjadi
bagian dari komunitas GrabBike, dan merasa lebih optimis menghadapi masa
depan.
Studi Pengaruh Sosial ini
dilakukan oleh tim dari Program MBA University of Cambridge Judge Business
School. Ini merupakan satu contoh kecil tentang bagaimana Grab
telah memegang teguh misi utamanya, dan mendorong dampak sosial yang
positif bagi masyarakat. Studi ini mensurvei lebih dari 400 penumpang dan
pengemudi yang menggunakan aplikasi pemesanan kendaraan yang berbeda.
Sumber :
9 komentar:
Terima kasih infonya... hehehe
Punya struktur organisasi grab gak?kirim dong ke stadores61@gmail.com
Pliiiiiiisssss lg nyusun skripsi
saya juga butuh kalo ada data struktur organsasinya mbak... @Stadores tanjung, @novita sari. kalau ada tolong kirim email ke saya ya mbak... makasih... email: inka.slsg@gmai.com
saya juga mau dong data struktur organisasi grab, klo ada mita tolong kirimin ke email saya hoedaachmad16@gmail.com
TERIMA KASIH KA...
saya mau plis struktur organisasinya grab. email : tikaayu498@gmail.com terimakasi
bolavita agen judi bola online terpercaya dan merupakan polopor judi online yang menyediakan permainan bandar bola
dengan minimal deposit 50rb dan minimal parlay 13rb silahkan dicoba dapat penawaran menarik dari kami.
Wechat : Bolavita
WA : +6281377055002
Line : cs_bolavita
BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )
HANYA di Judi Poker Online P'O'K'E'R V`1`T`A KEMENANGAN ANDA 100% AKAN DIBAYARKAN ATAUPUN KEMBALIKAN DANA YANG ANDA MENANGKAN, BERAPAPUN NILAI NOMINAL TERSEBUT
BAHKAN HINGGA RATUSAN JUTA !!!
P'O'K'E'R V`1`T`A Menyediakan BONUS-BONUS Untuk ANDA Diantaranya :
-BONUS REFERRAL 15% (SEUMUR HIDUP/SETIAP SENIN )
-BONUS CASHBACK TUROVER ( SETIAP HARI )
-NO ROBOT,NO ADMIN
-Proses Deposit dan Withdraw Dengan Cepat
-Dilayani CS Yang Ramah Dan Profesional
-Menyediakan 5 bank lokal : BCA,BNI,BRI,MANDIRI, DAN DANAMON
WA: 0812.2222.996
BBM : PKRVITA1 (HURUF BESAR)
Wechat: pokervitaofficial
Line: vitapoker
Festival Poker 2019
Permisi mba tolong kirimkan struktur organisasi grab ke zulhendri0918@gmai.com
Terimakasih
mba sya juga mau dong struktur organisasi dan tugas dan tanggung jawab perusahaan grab, kirim ke ergo62gass@gmail.com
makasiii
Posting Komentar