REVIEW JURNAL
NAMA:
Nita Novita Sari
KELAS:
3EB12
1.
Tema
:
E-Business
2.
Judul
Penelitian :
Evaluasi Penerapan E-Business Perusahaan
Menggunakan
Framework
Model Shaaban Elahi (Studi Kasus Perusahaan Hotel Grand Legi).
3.
Penulis :
Bagas
Samudra, Mudjahidin, ST, M.T
Sistem
Informasi, Fakultas Teknologi Informasi “Institut Teknologi Sepuluh November
(ITS) “.
4.
Tahun
Penerbitan :
Vol. 1/ No. 1/ 2014 / 1-5
5.
Latar
Belakang :
E-bisiness sebagai bisnis model inti
merupakan salah satu bukti bahwa teknologi dapat memberikan comperative
advantage dalam persaingan bisnis. Namun menggunakan teknologi juga harus
didukung dengan infrastruktur dan sistem memadai sehingga akan memberikan hasil
yang optimal bagi profitabilitas perusahaan. Oleh karena itu perlu diadakan
evaluasi e-business di perusahaan ini.
Dengan adanya framework evaluasi
e-business yang dikembangkan oleh shaaban Elahi, maka evaluasi di perusahaan
ini dapat menggunakan framework tersebut. Karena framework shaaban Elahi sesui
dengan kriteria dan indikator e-business yang ada di dalam Hotel Grand Legi.
Tugas akhir ini diharapkan dapat
mengetahui hasil evaluasi penerapan framework e-business tersebut jika di
terapkan pada perusahaan Grand Legi. Lalu hasilnya dijadikan rekomendasi agar
e-business Grand Legi berjalan lebih baik mendukung proses bisnis perusahaan.
6.
Metode
Penelitian :
Dalam
pelitian ini, Peneliti menggunakan metode korelasi dengan pendekatan
kuantitatif.
7.
Hasil
Penelitian :
1.
Nilai
koefisien kolerasi teknis dengan organisasi bernilai negatif menunjukan
kolerasi negative antara kedua dimensi tersebut. Hal ini berarti bahwa semakin
tinggi dimensi teknis maka semakin rendah pula dimensi organisasi pada pada
penerapan e-bussiness atau
sebaliknya, sehingga hubungan kedua dimensi ini pada penerapan e-bussiness di Hotel Grand Legi harus
ditingkatkan kearah positif.
2.
Hasil
serupa juga ditunjukkan pada kolerasi antara dimensi organisasi dengan antar
organisasi. Sehingga hubungan kedua dimensi ini pada penerapan e-bussiness di Hotel Grand Legi harus
ditingkatkan kearah positif.
3.
Sedangkan
kolerasi antara dimensi teknis dengan antar organisasi menunjukkan kolerasi
positif sehingga untuk dimensi teknis dengan antar organisasi masih diperlukan
peningkatan agar kolersi tersebut semakin kuat.
0 komentar:
Posting Komentar