REVIEW JURNAL
NAMA:
Nita Novita Sari
KELAS:
3EB12
1.
Tema
:
E-Commerce
2.
Judul
Penelitian :
PERAN
E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL DAN MENENGAH ( UKM ).
3.
Penulis :
Nuryanti
Jurusan
Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Riau
4.
Tahun
Penerbitan :
Vol. 21 /
No. 4/ 2013/ hal 1-15
5.
Latar
Belakang :
Perkembangan
teknologi informasi saat ini merambah segala sendi kehidupan manusia. Teknologi
informasi membuat semua hal menjadi lebih mudah dan murah. Peran teknologi
imformasi (TI) dalam bisnis juga semakin kuat, hal ini ditunjukkan dengan
keaktifan perusahaan besar multinasional untukmenggunakan internet sebagai
sarana pemasaran produknya. Informasi bergerak sangat cepat dan menjadi pelaku
bisnisuntuk memenangkan persaingan. Internet melalui e- commerce membuka peluang
bagi usaha kecil dan menengah (UKM) untuk memasarkan dan
menumbuhkan
jaringan usaha di seluruh belahan dunia usaha. Untuk itu pelaku
Usaha
Kecil dan Menengah (UKM) dituntut menjadi bagian dari komonitas
global
dengan pemanfaatan teknologi informasi melalui e-commerce, jika
mereka
tidak mengikuti perkembangan teknologi informasi akan tertinggal jauh
dan
kalah dalam persaingan.
E_commerce
merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha Kecil dan
Menengah (UKM) untuk memasarkan produknya selain dapat
memperluas
akses pasar. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) harus melihat
manfaat
e-commerce untuk akses pasar secara mudah dan effisien seiring era
globalisasi
yang pasti akan dihadapi. Kondisi ini menuntut Usaha Kecil dan
Menengah
(UKM) untuk memilih yang efektif dan mengenai sasaran. Pemasaran
melalui
e-commerce membuat pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah
(UKM)
dapat langsung berkomunikasi dengan pembelinya, sehingga mereka
dapat
memproleh keuntungan yang lebih besar.
6.
Metode
Penelitian :
Dalam
pelitian ini, Peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif.
7.
Hasil
Penelitian :
e-Commerce dalam operasional bisnisnya, UKM akan mendapatkan
akses pasar yang lebih luas dan berpeluang menggaet pelanggan baru. Di sisi
lain, pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi yang diperlukan secara
on-line. Berbagai penghematan dan efisiensi akan dicapaieperti dalam hal biaya
transportasi, komunikasi telepon atau fax, pengiriman,dokumen, cetakan, waktu
dan tenaga kerja. Jadi, banyak sekali manfaat dari e-commerce sehingga Perlu
dilakukan pengembangan website dan ecommerce sebagai sarana untuk promosi dan
pemasaran produk-produk usaha, sehingga akan meningkatkan volume penjualan dan
meningkatkan pendapatan. Peningkatan pendapatan ini pada akhirnya akan
mengembangkan usaha kecil dan menengah tesebut.
0 komentar:
Posting Komentar