Selasa, 13 Oktober 2015

Laporan Wawancara Kunjungan Koperasi

Diposting oleh Unknown di 08.08


KATA PENGANTAR 

Puji syukur kita selalu panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita semua sehingga laporan hasil wawancara Mata Kuliah Ekonomi Koperasi yang mewawancarai “Koperasi Aneka Sukses” dapat diselesaikan tepat waktu.
Laporan wawancara ini
 penulis tidak dapat menyelesaikannya tanpa adanya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih kepada Dosen Mata Kuliah Ekonomi Koperasi yang telah mendukung pembuatan laporan ini.
        Sungguh merupakan suatu kebanggaan apabila laporan hasil wawancara ini dapat terpakai sesuai fungsinya, dan pembacanya dapat mengerti dengan jelas apa yang dibahas didalamnya. Tidak lupa juga kami menerima kritikan dan saran yang membangun, yang sangat diharapkan demi memperbaiki pembuatan laporan di kemudian hari.
                                                                                  Depok, 13 Oktober 2015 


                                                                               Penyusun, 



BAB 1 
PENDAHULUAN 

1.1  Latar Belakang

      Perkembangan koperasi di Indonesia semakin lama semakin menunjukkan perkembangan yang pesat. Keberadaan koperasi sangat kuat dan mendapat tempat tersendiri di kalangan pengguna jasanya. Koperasi telah membuktikan bahwa dirinya mampu bertahan di tengah gempuran badai krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia. Keberadaan koperasi semakin diperkuat pula dengan dibentuknya Kementerian Negara Koperasi dan UKM yang salah satu tugasnya adalah mengembangkan koperasi menjadi lebih berdaya guna. Koperasi sangat diharapkan menjadi soko guru perekonomian yang sejajar dengan perusahaan-perusahaan dalam mengembangkan perekonomian rakyat.Analogi sederhana yang dikembangkan adalah jika koperasi lebih berdaya, maka kegiatan produksi dan konsumsi yang jika dikerjakan sendiri-sendiri tidak akan berhasil, maka melalui koperasi yang telah mendapatkan mandat dari anggota-anggotanya hal tersebut dapat dilakukan dengan lebih berhasil

1.2  Tujuan Wawancara

1. Untuk menyelesaikan tugas ekonomi koperasi dengan cara mengunjungi suatu koperasi           2. Untuk mengetahui perkembangankoperasi dan struktur kepengurusan koprasi.

1.3  Manfaat Wawancara

 Untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa tentang koperasi dan dapat dijadikan sebagai dasar pengetahuan berkoperasi.

BAB II 
PEMBAHASAN 

I. Pengertian Koperasi
           Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. orang – orang  yang bekerjasama membentuk suatu organisasi tersebut berdasar kesukarelaan dan untuk mendapatkan tujuan ekonomi yang ingin dicapai.

II. Sejarah Koperasi Aneka Sukses
Pada 2 Januari 2013 Warga Rangkapan Jaya RT. 03 RW. 17 Kel. Rangkapan Jaya Kec. Pancoran Mas Depok membentuk suatu koperasi yaitu Koperasi Aneka Sukses. Nama koperasi Aneka Sukses tersebut diambil dari nama kelurahan setempat yang menandakan dan menginginkan agar menjadi koperasi yang sukses hingga mampu meningkatkan taraf hidup dan mengatasi kesulitan ekonomi para anggota terutama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Awal mulanya koperasi ini dibentuk ketika beberapa warga di Rt.03 yang berniat untuk mendirikan sebuah koperasi untuk membantu memenuhi kebutuhan disekeliling warga Rt.03 dengan beranggotakan hanya 24 orang, . Hal ini karena belum sadarnya para warga terhadap keberadaan dan fungsi koperasi itu sendiri, yang boleh menjadi anggota koprasi ini hanya dari warga Kel. Rangkapan Jaya karena koperasi ini masih dalam lingkup kecil. yang kemudian di dukung oleh semua Warga Rangkapan Jaya dan bertambah hingga 49 orang yang menjadi anggota di koperasi aneka sukses ini. Usaha yang pertama kali di adakan adalah simpan pinjam kemudian makin merambah ke bidang pengadaan sembako, peralatan rumah tangga atau elektronik dan pulsa. Seiring waktu koperasi ini menjadi lebih maju dan mendapat akta pendiran dari pemerintah setempat.

III. Maksud Dan Tujuan

A. Maksud dan tujuan

Koperasi Aneka didirikan adalah:
 - Memperoleh profit dan sebagai mitra perusahaan
 - Meningkatkan taraf hidup / kesejahteraan para warga Rangkapan Jaya.
 - Membantu warga dalam hal mengatasi kesulitan ekonomi / keuangan
 - Memenuhi kebutuhan warga sehari-hari terutama kebutuhan pokok.
 -Sebagai tempat bagi warga dalam mengembangkan dan menyalurkan kemampuan dalam  bidang organisasi.

B. Mengapa dibentuk koperasi ?

Awalnya koperasi ini dibentuk untuk mengurangi kesulitan ekonomi warga, dengan diadakannya koperasi warga setempat lebih kreatif, dapat meningkatkan taraf hidup dan dapat mensejahterakan para warga.

C. Siapa yang menjadi anggota ?

Pada awalnya koperasi ini dibentuk hanya berjumlah 24 orang dari warga rt.03.Namun, koperasi ini semakin berkembang dan anggotanya semakin bertambah.

D. Bagaimana proses awalnya ?

Proses awalnya koperasi ini mendapatkan dana dari investasi para anggota kemudian bertambah dari simpanan pokok anggota,simpanan wajib dan simpanan sukarela. Simpanan pokok yaitu simpanan dari para anggota yang ikut bergabung dalam koperasi tersebut dengan dana yang dikumpulkan sebesar Rp. 100.000, Simpanan wajib yaitu simpanan yang dikumpulkan setiap bulannya berkisar Rp.15.000, dan simpanan sukarela yaitu simpanan yang diberikan secara sukarela. Dengan dibuatnya simpanan sepereti ini koperasi Aneka sukses ini dapat berjalan dengan baik dan mampu membantu para warga meskipun koperasi ini hanya dalam lingkup kecil namun dapat mengatasi kebutuhan rumah tangga bagi warga Kel. Rangkapan Jaya.

IV. Struktur Organisasi

Penasehat / Pembina : Ketua Rt.03 Rw. 17 Sahril
Pengawas : Hery Legiyo
Pengurus : 1. Ketua : Tien Marni
                  2. Bendahara I : Pambayun Restu Ningsih
                      Bendahara II : Nuryanah
                  3. Sekertaris : Nani Chairoh

V. Bentuk Usaha

A) Usaha Simpan Pinjam
Usaha ini bertujuan untuk memberikan pinjaman tidak hanya bagi para anggota saja namun bagi warga yang tidak ikut sebagai anggotanya diperbolehkn untuk melakukan simpan pinjam pada koperasi ini. Usaha ini selalu mengalami peningkatan.

B) Usaha Penjualan Sembako
Dalam usaha ini para anggota menyediakan berbagai macam kebutuhan seperti beras, minyak,telur dan sebagainya untuk memberikan keringanan kepada warga sekitar.

C) Usaha Penjualan Cash/Kredit Barang Elektronik
Dalam usaha ini para anggota juga menyediakan alat-alat elektronik dan properti rumah tangga. Pembayarannya untuk pembelian elektronik ini dapat di lakukan dalam tempo waktu yang telah di tentukan.

D). Usaha Penjualan Pulsa
Usaha ini juga dilakukan untuk menambah kas koperasi walaupun tidak begitu besar penghasilannya namun dengan keuntungannya juga berpengaruh terhadap meningkatnya kas pada koperasi.

VI. Sistem Pelaporan Hasil Usaha

Data penghitungan SHU (Sisa Hasil Usaha)
1. Untuk pengembangan koperasi = 40%
2. Dana Anggota = 27%
3. Dana Kontribusi = 3%
4. Dana Pendidikan = 5%
5. Dana Pengurus = 5%
6. Dana Investor = 15%
Untuk mengetahui hasil usaha, perkembangan dan program kerjanya koperasi ini selalu mengadakan LPJP. Disana pengurus mempertanggung jawabkan segala usaha, kondisi keuangan, dan juga program kerja selanjutnya, juga setiap akhir periode kepengurusan disana akan diputuskan apakah pengurus bisa dipilih kembali atau tidak.


BAB III 
KESIMPULAN

A. Kesimpulan

       koperasi merupakan badan yang berperan secara aktif membantu jalannya perkembangan ekonomi masyarakat.Dengan didirikannya sebuah koperasi seperti ini dapat membantu memenuhi kebutuhan warga sehari-hari dan meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar,agar menjadi lebih sejahtera dan warga dapat mengembangkan atau menyalurkan kemampuan dalam  bidang organisasi. Serta memudahkan anggota dalam belanja kebutuhan pokok karena bisa secara kredit.

Lampiran:
         




 

















Sumber :



0 komentar:

Posting Komentar

 

Nita Novita Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos